Selasa, 01 Januari 2013

Catatan Pembuka Awal Tahun 2013!




Saya pernah menulis catatan akhir tahun 2012 di blog ini, namun kini saya ingin menulis catatan awal tahun yang setidaknya berisikan resolusi atau harapan yang sekiranya dapat terjadi di tahun 2013 ini. Tulisan singkat ini hanya sebuah permenungan beberapa saat setelah tahun 2012 resmi ditutup. Sambil memikirkan hal-hal apa yang telah dilakukan tahun lalu, prestasi apa yang telah dicapai atau mungkin juga kegagalan yang ditemui. Begitu banyak yang terjadi, hanya saya belum berpikir bagaimana menuliskan semuanya secara detail. Tak lupa juga menghitung cashflow keuangan selama setahun lalu, untuk apa digunakan dan berapa yang di-save untuk kemudian direncanakan penggunaanya lagi.

Nah untuk mengawali tahun ini saya belum berani memasang target dari apa yang harus saya lakukan di tahun ini!, karena berusaha adalah bagian dari esensi manusia sedangkan untuk urusan hasil itu tentu diserahkan kepada Sang Khalik. Namun itu bukan berarti saya hanya diam saja, saya harus terus bergerak. Untuk itu perlu kiranya menulis beberapa harapan kecil yang setidaknya terwujud dalam hari-hari dan minggu-minggu di dua belas bulan kedepan! Inilah kira-kira harapan yang kelak dapat tercapai di musim panas dan hujan tahun 2013:

Menghasilkan sesuatu yang dapat dihargai diri sendiri dan orang lain. Mungkin inilah harapan yang harus dilaksanakan untuk menciptakan sesuatu yang orang lain belum lakukan, sehingga ada rasa kesenangan yang bisa dibanggakan secara pribadi dan lingkungan. Membuat karya yang bisa dingat dan dihargai oleh orang lain akan dapat meningkat kualitas hidup seseorang. Sungguh akan menjadi sebuah tantangan!.

Membangun rumah impian. Memang impian penting seseorang yang lain adalah memiliki hunian sendiri. Dari hasil jerih payah dan kerja keras untuk bisa memiliki rumah idaman sendiri. Rumah idaman adalah rumah yang kelak menjadi tempat di mana waktu kita habiskan lebih banyak dari waktu lainnya. Walau rumah impian itu hanya dalam angan-angan kepala manusia, namun kelak dengan sentuhan arsitek dan tangan terampil, rumah itu akan menjadi kenyataan!.

Mencari orang yang tepat untuk berbagi di waktu yang tepat. Mungkin ada hal yang mempengaruhi kenapa ini dijadikan sebagai sebuah resolusi di tahun ini. Yah, karena membaca quote motivator hebat Mario Teguh, berikut ini kutipannya yang di-release malam menjelang tahun baru 2013:

Untukmu yang tak sabar
ingin mengakhiri masa sendirimu,
sampaikanlah ini kepada Tuhanmu,

Tuhanku Yang Maha Penyayang,

Aku tahu dengan pasti
bahwa Engkau sedang memelihara
belahan jiwaku di luar sana,

dan Engkau tahu bahwa hatiku
telah lama pilu dalam kerinduan
untuk memenuhi undanganMu
agar aku membangun keluarga
yang tenteram dan penuh kebaikan.

Tuhan, jadikanlah aku tertarik
hanya kepada dia yang setia
kepada yang benar,
daripada yang hanya berharta
tanpa kemuliaan hati.

Wahai Yang Maha Cinta,
basuhlah dahaga jiwaku ini,
segeralah Kau sandingkan aku
dengan belahan jiwaku.

Aamiin

Mario Teguh - Loving you all as always

Tak sulit mengambil hikmah dari catatan Mario Teguh di atas, semuanya adalah doa dan harapan untuk kita lebih mempersiapkan diri menjadi yang lebih baik lagi!.

Lebih produktif dalam mengisi blog. Setahun terakhir ini mengisi blog telah menjadi sebuah kesibukan bagiku. Ada hal-hal yang membuat bloging menjadi mengasyikan. Sehingga dengan menjadi blogger membuka kesempatan mengembangkan diri dan tergabung dalam sebuah komunitas berbagi dunia!.

Menjaga kesehatan, ternyata menjadi hal yang penting. Kesehatan adalah kunci untuk menikmati hidup yang lebih baik. Kini saatnya untuk mulai memilih-milih makanan apa yang sehat dan yang tidak, dan selebihnya adalah terus bergerak dengan berolahraga ringan. Bagaimanapun ketiadaan waktu berolahraga dapat dibalas dengan sesuatu yang membuat diri terus beraktivitas!.

Mencari lingkungan baru. Mencari suasana baru dengan mencari lingkungan yang baru dalam pertemanan adalah hal yang menarik. Begitupun dengan menyediakan waktu untuk mengunjungi teman-teman lama serta berupaya bergabung dalam komunitas. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menghilang kepenatan dalam pekerjaan atau lebih tepatnya menghindari stress!.

Sampai pada tempat yang belum pernah dipijaki. Traveling adalah hal yang menyenangkan, karena berada di suatu tempat yang baru dan melihat hal-hal yang belum pernah dilihat sebelumnya. Berdiam diri di rumah tentu menjadi hal yang membosankan, sehingga pergi ke tempat yang bisa membuka wawasan adalah pilihan baik!.

Belajar hal-hal baru yang menunjang pekerjaan dan semangat kerja. Hal yang terbaik dalam pekerjaan adalah menyenangi pekerjaan. Menyenangi pekerjaan adalah juga dengan menguasai teknik-teknik dalam bekerja. Selain itu pengetahuan baru selalu ada jika kita ingin mempelajarinya, dengan demikian hal ini dilakukan untuk mengembangkan diri dalam upaya meningkatkan semangat kerja!.

Memperkaya diri dengan terus membeli buku. Buku sudah menjadi bagian dari diri saya, karena sudah ratusan judul buku yang saya miliki. Kelak saya ingin menjadikan perpustakaan pribadi, yang mana saya dapat tenggelam dalam lautan buku. Dengan memiliki banyak buku, maka setidaknya memiliki banyak harta yang bisa dikoleksi, dipajang dan sedikitnya bisa dibanggakan!.

Berusaha untuk terus mendekatkan diri pada Allah SWT, dengan menjauhi larangan-Nya dan berserah diri menjalankan apa yang diperintahkan-Nya. Amien!.

Demikian sekilas resolusi yang bisa saya buat, dan akan kembali mengevaluasinya setahun kemudian, selamat bertemu di tahun depan, tahun 2014! (*)


Setelah melewati penghujung malam tahun 2012
dan awal hari di tahun 2013!
Dini hari - Alak, 01  Januari 2013
©daonlontar.blogspot.com

comments

Catatan....!!!

Menulis bukan bakat, tetapi kemauan. Dalam kisah setiap orang pasti akan menuliskan apa ada yang ada di pikiran dan perasaannya.. Secara perlahan menulis mengantarkan seseorang menuju pencerahan, karena menulis membuat orang membaca dan sebaliknya membaca membuat orang menulis. Menulis merupakan pembelajaran, dan tidak hanya sekumpulan kalimat tetapi merupakan sekumpulan nilai dan makna. Kini cara menulis tidak lagi menggunakan pahat dan batu, tongkat dan pasir atau dengan kemajuan teknologi tidak lagi dengan tinta dan kertas tetapi sudah beranjak pada keyboard dan screen. Banyak kisah dan sejarah masa lalu yang tidak terungkap, karena tak ada yang mencatatnya atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Mengutip kalimat singkat milik Pramoedya Anantatoer, “hidup ini singkat, kita fana, maka aku akan selalu mencatatnya! Agar kelak abadi di kemudian hari…” Catatan adalah sebuah kesaksian dan kadang juga menjadi sebuah pembelaan diri. Seseorang pernah memberiku sebuah diary, dengan sebuah catatan yang terselip. Kelak aku akan mengembalikannya dalam keadaan kosong karena aku telah mencatatnya di sini….!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
;