Minggu, 04 November 2012

Setahun Ngeblog di Blogger



Tak terasa setahun sudah saya ngeblog!. Bermula dari seringnya mencari informasi melalui Google, saya menemukan halaman-halaman blog yang dikelola secara serius baik dalam hal content, tampilan atau untuk tujuan komersial, misalnya dengan mencari penghasilan tambahan melalui blog. Menarik juga ketika tulisan yang di posting oleh para blogger dapat dibaca oleh siapapun di penjuru dunia ini. Dengan melihat blog-blog milik orang lain yang telah dikunjungi oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, mengundang rasa penasaran saya bagaimana jika saya dapat membuat blog yang dapat dikunjungi oleh berbagai orang dari berbagai belahan dunia.

Di bulan November setahun yang lalu, muncul ide untuk membuat blog sendiri. Hal yang pertama saya lakukan adalah mengunjungi toko buku dan mencari buku tentang pembuatan blog yang representatif dan mudah untuk dikerjakan, terlepas dari kerumitan untuk mengelola kode-kode html dan JavaScript. Saya melihat beberapa buku bertemakan blog dan kemudian memilih sebuah buku sederhana berjudul “Blog For Fun” karangan Aunurrofiq Manzur, sebagai dasar awal untuk merancang blog sendiri. Satu buku pegangan saya anggap cukup karena teknik dan tips pembuatan blog selebihnya saya dapat mencarinya di internet.  

Walau cukup terlambat memanfaatkan media blog tetapi tidak menjadi penyesalan ketika blog dapat menunjukan hasil yang baik. Media blog mulai dipopulerkan tahun 2002, jadi dibutuhkan waktu sembilan tahun untuk dapat memiliki ide membuat blog sendiri. Dan diperlukan waktu tiga minggu untuk mengatur komposisi, memodifikasi concept, merencanakan content, menetapkan template, memilih widget agar tampilan blog saya menjadi menarik. Tampilan blog dengan template saat ini menjadi pilihan fixed yang mungkin tidak pernah lagi saya rubah selamanya. Pada 28 November 2011, saya memulai dengan postingan pertama dan sekaligus mendirikan daonlontar.blogspot.com sebagai blog pribadi dengan tema “antara kemarin, hari ini dan esok......!!!!,” Berupa kumpulan catatan pemikiran, pengalaman dan kesan sebagai hasil persinggungan sehari-hari dengan realitas.

Sebagai pemula di dunia blog, tentu banyak hal yang ditemukan. Salah satunya adalah kehadiran blog saya menambah deretan pemilik dan pengelola blog yang saat ini telah mencapai angka 10 juta lebih. Dengan berbagai corak tulisan dari para blogger menambah semarak dunia tulis menulis dalam aplikasi digital ini. Kini blog pribadi saya telah dikunjungi oleh ribuan pengunjung dari dalam dan luar negeri, dengan berbagai tujuan, ada yang untuk sekedar mencari informasi, ada yang menjadi tempat berdiskusi atau hanya sekedar blogwalking. Dengan usia blog yang masih mudah tentu masih banyak yang harus dibenahi, namun justru hal tersebut tidak menjadi penghalang karena awalan adalah sebuah pembelajaran terus-menerus hingga suatu saat bisa menghasilkan postingan yang lebih berkualitas seiring waktu dan pertambahan pengalaman. (*)


Kupang, 04 November 2012
©daonlontar.blogspot.com


comments

Catatan....!!!

Menulis bukan bakat, tetapi kemauan. Dalam kisah setiap orang pasti akan menuliskan apa ada yang ada di pikiran dan perasaannya.. Secara perlahan menulis mengantarkan seseorang menuju pencerahan, karena menulis membuat orang membaca dan sebaliknya membaca membuat orang menulis. Menulis merupakan pembelajaran, dan tidak hanya sekumpulan kalimat tetapi merupakan sekumpulan nilai dan makna. Kini cara menulis tidak lagi menggunakan pahat dan batu, tongkat dan pasir atau dengan kemajuan teknologi tidak lagi dengan tinta dan kertas tetapi sudah beranjak pada keyboard dan screen. Banyak kisah dan sejarah masa lalu yang tidak terungkap, karena tak ada yang mencatatnya atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Mengutip kalimat singkat milik Pramoedya Anantatoer, “hidup ini singkat, kita fana, maka aku akan selalu mencatatnya! Agar kelak abadi di kemudian hari…” Catatan adalah sebuah kesaksian dan kadang juga menjadi sebuah pembelaan diri. Seseorang pernah memberiku sebuah diary, dengan sebuah catatan yang terselip. Kelak aku akan mengembalikannya dalam keadaan kosong karena aku telah mencatatnya di sini….!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
;