Kamis, 25 Oktober 2012

15 Top Facebook Groups Terbanyak di Kota Kupang



Saat ini Facebook telah menjadi situs jejaring sosial paling populer di dunia. Facebook memberikan berbagai layanan yang memuaskan para penggunanya. Selain  fans page (halaman komunitas), facebook juga menyediakan fitur sejenis yaitu facebook groups. Demikian hal dengan fans page, layanan ini bukan hanya dikembangkan untuk entitas makro dengan ranah internasional, tetapi juga dapat dikembangkan secara lokal, bahkan sampai pada entitas terkecilpun. Untuk itu saya mencoba mencari facebook groups terbanyak di Kota Kupang saat ini, Maka saya telah melakukan penelusuran dan menemukan 15 Top Facebook Groups dengan anggota terbanyak di Kota Kupang. 

 Berikut adalah urutan berdasarkan data yang diperoleh pada tanggal 25 Oktober 2012, dengan mengambil Facebook Groups di atas 1.000 member versi daonlontar.blogspot.com :

1)      Kupang-OnLine.com (Media Informasi), 17.239 anggota


2)      KupaAng PunG LucU-LuCu (Minat), 9.699 anggota


3)      La Lights Community Kupang (Produk Bisnis), 9.572 anggota


4)      MOF-KUPANG-NTT (?), 4.623 anggota


5)      Ny_balien Kupang (Minat), 3.566 anggota


6)      KTONG PUNG KUPANG (Komunitas Kota), 3.093 anggota


7)      KUPANG (Komunitas Kota), 3.074 anggota


8)      Giovanni Catholic Senior High School Kupang (Sekolah), 2.086 anggota


9)      Kumpulan Pemuda Jemaat Kota Kupang (Komunitas Pemuda), 2.034 anggota


10)   Dukung Dr. TEDA LITTIK MENJADI WALIKOTA KUPANG 2012-2017 ! (Politik), 1.846 anggota


11)   SLANKERS CLUB KUPANG (Musik), 1.400 anggota


12)   Vintcentcius Jeskial Boekan Grup BAHASA (Komunitas Bahasa), 1.170 anggota


13)   Komunitas CareCell Kupang ^_^ (Minat), 1.089 anggota


14)   SMA Negeri 1 Kupang (Sekolah), 1.024 anggota


15)   Model Kupang dan Sekitarnya,,. (MOKUS), (Minat), 1.012 anggota


Daftar tersebut memperlihatkan 15 Top Facebook Groups dengan member terbanyak, yang menempati urutan pertama adalah Kupang-OnLine.com dengan 17.239 anggota sedangkan urutan terakhir adalah Model Kupang dan Sekitarnya (MOKUS) dengan 1.012 anggota. Dari 15 Top Facebook Groups tersebut, empat adalah grup tertutup sedangkan sisanya merupakan grup terbuka. Daftar grup dengan anggota terbanyak ini lebih didominasi oleh tema minat, komunitas serta sekolah yang setidaknya mewakili seluruh Facebook Groups Kota Kupang yang berjumlah ratusan dengan tema-tema umum seperti website, organisasi, jaringan alumni, radio, warnet, foot ball fans club, hobby, komunitas suku, perguruan tinggi dan lain sebagainya.

15 Top Facebook Groups dengan anggota terbanyak di Kota Kupang, hanya menampilkan sebagian dari begitu banyak entitas yang ada di dalam masyarakat Kota Kupang yang majemuk. Begitu mudahnya membuat grup dalam facebook, sehingga semua pengguna facebook mempunyai kebebasan dalam menentukan tema grup mereka sesuai dengan prinsip, keinginan dan Idealisme. Namun kadangkala grup yang dibuat, tidak “hidup” sebagaimana maksud awal grup tersebut dibuat, karena ketidakjelasan dan ketiadaan informasi, tujuan dan asas suatu grup dibuat. Akhirnya sebagai penutup, tulisan ini hanya sedikit menelaah perkembangan sosial media dalam upaya lebih meningkatkan kualitas hidup manusia dengan bersosialisasi secara positif!. (*)


Kupang, 25 Oktober 2012
©daonlontar.blogspot.com
comments

Catatan....!!!

Menulis bukan bakat, tetapi kemauan. Dalam kisah setiap orang yang bersentuhan dengan pendidikan akan mengawali dengan belajar menuliskan namanya masing-masing untuk pertama kalinya. Guratan pertama mungkin bengkok, kaku bahkan menciptakan satu abjad baru. Secara perlahan menulis mengantarkan seseorang menuju pencerahan, karena menulis membuat orang membaca dan sebaliknya membaca membuat orang menulis. Menulis merupakan pembelajaran, dan tidak hanya sekumpulan kalimat tetapi merupakan sekumpulan nilai dan makna. Kini cara menulis tidak lagi menggunakan pahat dan batu, tongkat dan pasir atau dengan kemajuan teknologi tidak lagi dengan tinta dan kertas tetapi sudah beranjak pada keyboard dan screen. Banyak kisah dan sejarah masa lalu yang tidak terungkap, karena tak ada yang mencatatnya atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Mengutip kalimat singkat milik Pramoedya Anantatoer, “hidup ini singkat, kita fana, maka aku akan selalu mencatatnya! Agar kelak abadi di kemudian hari…” Catatan adalah sebuah kesaksian dan kadang juga menjadi sebuah pembelaan diri. Seseorang pernah memberiku sebuah diary, dengan sebuah catatan yang terselip. Kelak aku akan mengembalikannya dalam keadaan kosong karena aku telah mencatatnya di sini….!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
;