Rabu, 24 Oktober 2012

12 Top Facebook Fans Page Terbanyak di Kota Kupang



Sejak didirikan Mark Zuckerberg tahun 2004, Facebook telah menjelma menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia. Dengan 900 juta lebih pengguna aktif, tidak heran jika media ini dapat menghubungkan berbagai macam individu ataupun kelompok dimana saja tanpa mengenal batas territorial. Berbagai pihak dapat memanfaatkan bermacam layanan Facebook, diantaranya adalah facebook fans page (halaman komunitas). Layanan ini bukan hanya dikembangkan untuk entitas dengan ranah internasional, tetapi juga dapat dikembangkan secara lokal, sehingga siapapun dapat merepresentasikan eksistensinya. Berangkat dari uraian di atas, saya mencoba mencari facebook fans page terbanyak di Kota Kupang saat ini, penasaran bukan!. Maka saya telah melakukan penelusuran dan menemukan 12 Top Facebook Fans Page Terbanyak di Kota Kupang.  

Berikut adalah urutan berdasarkan data yang diperoleh pada tanggal 24 Oktober 2012 dengan mengambil Facebook Fans Page di atas 1.000 fans versi daonlontar.blogspot.com :  
 
1)      Besipae


Adalah fans page LSM Besi Pa'e yang didirikan pada 19 Desember 2011 dan bergabung dengan Facebook sejak 8 Februari 2012. LSM Besi Pa'e saat ini telah memiliki 12.210 fans, yang sekaligus menempati posisi pertama fans page terbanyak di Kota Kupang. Sebagai organisasi non-pemerintah Besi Pa’e didirikan untuk mendukung masyarakat lokal melalui penyediaan layanan mata pencaharian. Visi organisasi ini, adalah bekerja untuk mencapai "mata pencaharian yang berkelanjutan di NTT". Dan misinya adalah untuk mendukung pengentasan kemiskinan di seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan memberikan kesempatan dan akses ke sumber daya, pengetahuan, teknologi dan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan berkelanjutan ke masa depan tanpa diskriminasi berdasarkan ras, agama, politik atau budaya dan gender. LSM Besi Pa'e Beralamat di Gang Kolley KM 9, RT 019, RW 007, Kelurahan Oesapa Kupang, atau dapat dihubungi melalui email: admin@besipae.org dan web site http://besipae.org/index.php/in-ID/

2)      I Love Kupang


I Love Kupang adalah halaman komunitas terbesar kedua di Kota Kupang, yang bergabung dengan facebook sejak 24 Mei 2009, dan saat ini telah memiliki total 11.169 fans. Halaman yang menyajikan kupang dari berbagai sudut tinjauan yang berbeda, dengan mengedepankan aspek sosial budaya yang mengandung semangat human interest. Halaman ini dikelola secara serius dengan menampilkan visi "mari kotong samangat promosi Kota Kupang kepada dunia!”. Sedangkan misinya adalah "ayo kotong promosikan Kota Kupang dan NTT kepada dunia!!!". Selain sebagai media publikasi terbesar di Kota Kupang, fans page ini juga menyediakan layanan komersial yang tentunya dapat dihubungi melalui alamat: Jalan Alfonso Nisnoni Nomor 25. Bakunase Kota Raja Kupang, Timor NTT 85116 atau melalui CS di +6285333818667.

3)      POS-KUPANG.COM


Pos-Kupang.com adalah fans page website yang mewakili Surat Kabar Harian (SKH) Pos Kupang. Pos Kupang merupakan salah satu harian terbesar di Kota Kupang yang didirikan sejak 1 Desember 1992, yang kini bertiras di atas 20 ribu eksemplar. Fans page Pos-Kupang.com telah memiliki 8.066 fans sejak bergabung dengan Facebook 10 April 2011.

4)      SMA Negeri 1 Kupang


SMA Negeri 1 Kupang adalah facebook fans page kategori sekolah terbanyak dengan total 2.654 fans. Sekolah yang didirikan sejak 11 November 1950, merupakan sekolah favorit di Kota Kupang yang beralamat di Jalan Cak Doko Nomor 59 Kupang 85111.

5)      Penggemar Sei Kupang (PSK)


Walau belum dikelola secara baik facebook fans page Penggemar Sei Kupang (PSK) ini menempati lima besar fans page terbanyak Kota Kupang. Hal yang mengindikasikan Sei sebagai kuliner khas Kota Kupang. Halaman ini bergabung dengan Facebook sejak 16 April 2009 dengan total 2.457 fans.

6)      Undana


Undana atau Universitas Nusa Cendana didirikan pada tanggal 1 September 1962 adalah facebook fans page terbesar keenam yang bergabung dengan Facebook sejak 2 Juni 2009 dan kini telah memiliki 2.139 fans. Universitas Nusa Cendana, beralamat di Jalan Adisucipto, Penfui, Kota Kupang 85000, atau dapat dikunjungi melalui situs web http://www.undana.ac.id

7)      H2K 0380 Community (Hip Hop Kupang)


Ini adalah halaman yang sepertinya telah menunjukkan eksistensi pemuda Kota Kupang yang mengandrungi musik dengan berbagai cita rasa, salah satunya adalah musik dengan genre hip hop. Komunitas ini dinamai H2K 0380 COMMUNITY, yang merupakan singkatan, yaitu Hip-Hop Kupang (H2K) dan code area telepon Kupang (0380). Komunitas yang didirikan sejak 22 Desember 2009 ini, telah memiliki 1.814 fans.

8)      SMAK Giovanni Kupang


SMAK Giovanni Kupang telah dikenal sebagai sebuah lembaga sekolah swasta favorit di Kota Kupang, yang didirikan pada 8 September 1962, Nama sekolah “Giovanni” diambil dari nama asli Paus Paulus VI, yakni “Kardinal Giovanni Montini”, Kardinal yang diangkat menjadi Paus pada tahun 1962 bersamaan dengan lahirnya SMU Katolik Giovanni. Saat ini memiliki 1.487 fans dan sekolah ini beralamat di Jalan Jend. A. Yani Nomor 48, Kota Kupang 85225, atau dapat dikunjungi melalui website: http://www.smakgiovanni.sch.id.

9)      SMA Negeri 3 Kupang


SMA Negeri 3 Kupang juga menjadi salah satu SMA favorit di Kota Kupang yang telah didirikan sejak tahun 1973, dan mulai bergabung dengan Facebook sejak 11 Juni 2011. Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional ini memiliki 1.345 fans dan beralamat di Jalan W.J Lalamentik, Kota Kupang 85111 dengan email: smantiqkpg@gmail.com  dan situs web: http://www.sman3-kupang.com

10)   Universitas Nusa Cendana Kupang


Halaman Komunitas ini tidak bertuan atau tidak tergabung atau didukung oleh siapa pun yang terkait dengan topik tersebut. Keberadaan halaman ini sepertinya menganggu fans page Undana pada pada urutan enam. Padahal dalam ketentuan halaman Facebook, membuat halaman untuk menunjukkan dukungan dan minat terhadap suatu entitas diperbolehkan asal tidak membuat orang salah mengira atau ambigu terhadap halaman resmi atau juga melanggar hak orang lain.

11)   Drumband SMA Giovanni Kupang


Facebook fans page Drumband SMA Giovanni Kupang menduduki urutan sebelas dengan 1.096 fans. Fans page ini bergabung dengan Facebook pada tanggal 16 Juni 2009, dimaksudkan sebagai wahana informasi Drumband SMA Giovanni Kupang baik itu kepada anggota, mantan anggota dan seluruh penggemar Drumband Giovanni Kupang.

12)   Warnet (A’IR-NET) Kupang – NTT


Adalah fans page terakhir dengan fans di atas seribu orang, yaitu Warnet (A’IR-NET) Kupang – NTT. Halaman komunitas usaha jasa warnet yang dibuka 24 jam ini bergabung dengan Facebook sejak 30 Mei 2010, dan kini  telah memiliki 1.037 fans, Warnet ini beralamat di Jalan Alor Nomor 15 (pasar Oeba), Kota Kupang 85226.

Dari ratusan tema fan page Kupang yang berhasil ditelusuri, diantaranya adalah identitas kota, informasi wisata, sekolah, business product, universitas, foot ball fans club, LSM, warnet, radio, fotografi, kuliner, musik, drumband, institusi dan lain-lain. Dengan adanya peringkatan 12 Top Facebook Fans Page di Kota Kupang ini menjadi gambaran keberadaan entitas-entitas lokal Kota Kupang dalam arus deras iklim sosial media yang semakin global.
.
Kupang, 24 Oktober 2012
©daonlontar.blogspot.com

comments

Catatan....!!!

Menulis bukan bakat, tetapi kemauan. Dalam kisah setiap orang yang bersentuhan dengan pendidikan akan mengawali dengan belajar menuliskan namanya masing-masing untuk pertama kalinya. Guratan pertama mungkin bengkok, kaku bahkan menciptakan satu abjad baru. Secara perlahan menulis mengantarkan seseorang menuju pencerahan, karena menulis membuat orang membaca dan sebaliknya membaca membuat orang menulis. Menulis merupakan pembelajaran, dan tidak hanya sekumpulan kalimat tetapi merupakan sekumpulan nilai dan makna. Kini cara menulis tidak lagi menggunakan pahat dan batu, tongkat dan pasir atau dengan kemajuan teknologi tidak lagi dengan tinta dan kertas tetapi sudah beranjak pada keyboard dan screen. Banyak kisah dan sejarah masa lalu yang tidak terungkap, karena tak ada yang mencatatnya atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Mengutip kalimat singkat milik Pramoedya Anantatoer, “hidup ini singkat, kita fana, maka aku akan selalu mencatatnya! Agar kelak abadi di kemudian hari…” Catatan adalah sebuah kesaksian dan kadang juga menjadi sebuah pembelaan diri. Seseorang pernah memberiku sebuah diary, dengan sebuah catatan yang terselip. Kelak aku akan mengembalikannya dalam keadaan kosong karena aku telah mencatatnya di sini….!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kolam Inspirasi

 
;