Sabtu, 31 Desember 2011

Catatan singkat akhir tahun 2011…!!!

photo: http://hdguru.com/
Beberapa saat lagi tahun baru untuk wilayah Indonesia bagian tengah. Memang waktu itu luar biasa, ia berjalan tanpa kaki, menunjuk tanpa jari dan kadang berlalu tanpa disadari. Walau berlahan tetapi pasti akan sampai pada saat ini yang mana dalam penanggalan masehi terjadi pengantian tahun, dan akan terus melaju dengan kecepatan rata-rata pada tahun-tahun mendatang. Diluar sana gemuruh petasan dan kembang api saling menyambut yang puncaknya sebentar lagi. Knalpot racing mengeleggar dijalanan yang terkesan dipaksakan dan tak ketinggalan house music (open door), memang sudah ritualnya di kota ini!

Ada banyak hal yang telah terlewati mengesankan, karena mungkin sesuai dengan harapan atau juga melebihi ekspetasi, namun ada hal-hal yang kita tak dapat menerimanya karena mungkin di luar dari harapan atau di luar perkiraan. Hidup ini memang penuh dengan kejutan-kejutan, dan kita harus siap menerimanya antara baik atau buruk bagi kehidupan kita. Itu satu tahun yang lalu yang telah terjadi sesuai dengan data dan fakta selanjutnya tahun baru ini? Adalah misteri. Kadang kita harus berpikir optimis dan positif untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di tahun 2012.

Secara eksistensi ritual kita setelah pesta kembang api adalah mengganti kelender lama dengan kelender yang baru, namun secara esensial kita seharusnya mengganti sesuatu yang buruk dalam diri kita dengan sesuatu yang lebih baik. Memulai hari pertama di tahun 2012, sebagai awal yang baik akan mempengaruhi sepanjang hari-hari dalam setahun ke depannya. Tentu kita selalu mendapatkan bayangan masalah di tahun-tahun sebelumnya, yang menakjubkan adalah semakin jauh kita dari masalah itu, maka beban masalah itu semakin berkurang, dan yang membuat jauh itu adalah waktu. Tetapi kembali pada insan masing-masing bahwa waktu bagaimanpun adalah sesuatu relatif.  

Sewaktu kuliah saya mendapatkan sebuah selebaran dakwah yang pada halaman akhirnya diberi sebuah tulisan yang cukup mengugah yaitu, “Celakalah orang yang hari ini tidak lebih baik dari kemarin, Merugilah orang yang hari ini sama dengan kemarin, dan Beruntunglah orang yang hari esoknya lebih baik dari hari ini”. Kata-kata itu saya tulis kembali dalam catatan saya dan belajar bahwa seharusnya kita harus lebih baik dari sebelumnya atau satu tahun sebelumnya untuk tahun yang akan datang dan seterusnya.

Dan akhirnya selamat tinggal tahun 2011 dan selamat datang tahun baru 2012, Semoga Allah selalu melindungi kita semua. Amin!

comments

Catatan....!!!

Menulis bukan bakat, tetapi kemauan. Dalam kisah setiap orang yang bersentuhan dengan pendidikan akan mengawali dengan belajar menuliskan namanya masing-masing untuk pertama kalinya. Guratan pertama mungkin bengkok, kaku bahkan menciptakan satu abjad baru. Secara perlahan menulis mengantarkan seseorang menuju pencerahan, karena menulis membuat orang membaca dan sebaliknya membaca membuat orang menulis. Menulis merupakan pembelajaran, dan tidak hanya sekumpulan kalimat tetapi merupakan sekumpulan nilai dan makna. Kini cara menulis tidak lagi menggunakan pahat dan batu, tongkat dan pasir atau dengan kemajuan teknologi tidak lagi dengan tinta dan kertas tetapi sudah beranjak pada keyboard dan screen. Banyak kisah dan sejarah masa lalu yang tidak terungkap, karena tak ada yang mencatatnya atau bahkan lupa untuk mencatatnya. Mengutip kalimat singkat milik Pramoedya Anantatoer, “hidup ini singkat, kita fana, maka aku akan selalu mencatatnya! Agar kelak abadi di kemudian hari…” Catatan adalah sebuah kesaksian dan kadang juga menjadi sebuah pembelaan diri. Seseorang pernah memberiku sebuah diary, dengan sebuah catatan yang terselip. Kelak aku akan mengembalikannya dalam keadaan kosong karena aku telah mencatatnya di sini….!!!


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
;